Rabu, 04 Maret 2015

Nur Ainun


Nur Ainun binti Muhammad Siddik lahir tahun 1932, dan menikah dengan seorang musisi - Ahmad Fuad  pada tahun 1956
Karirnya di dunia musik dimulai ketika dirinya mengikuti Bintang Radio yang digelar di RRI tahun 1951. Bakat dan anugerah suara yang merdu membuatnya meraih tujuh kali bintang Radio berturut-turut. Setelah itu, Nur Ainun pun bergabung dalam grup musik Orkestra Sukma Murni
.
Sejak bergabung di Orkestra, debutnya di dunia musik semakin tersohor. Tidak hanya menyanyikan lagu orang lain seperti Keluhan Jiwa karya Muhammad Nasir, Nur Ainun juga mulai menciptakan lagu-lagu Melayu sendiri. Setidaknya ada 10 lagu ciptaannya yang popular di antaranya, Jangan Duduk Termenung, Bunga dalam Taman, Tak Putus Asa, dan yang lainnya.



Nurainun sang maestro ini, dimasanya sangat terkenal di wilayah Melayu, tidak saja di Sumatera, ia juga diundang hingga ke luar negeri. Ada beberapa lagu yang sempat dipopularkan Nurainun di eranya dalam rekaman bersama orkesnya, antara lain: Keluhan Jiwa, Tanjung Katung, Seri Mersing, Bahtera Merdeka, Berbudi, Berpisah, Bentan Telani, Damak, Dayang Senandung, Disebut Jangan Dikenang Jangan, Kasih Ibu, Kasih Terbayang, Kecewa, Kisah Dalam Kenangan, Kuala Deli, Lama Tak Jumpa, Nak Dara Merindu, Perasaan, Senyum Dalam Tangisan, Seri Deli, Seri Tamiang, Takdir, Umpan Jinak Di Air Tenang, Selayang Pandang, Laksamana Mati Dibunuh. *(Muhar)

Tidak ada komentar: