Kedatukan Sunggal Serbanyaman

 

Inilah Kedatukan Sunggal Serbanyaman, yang beraja turun temurun berdasarkan susur galur yang jelas adab, adat, turai nan mendai lagi begagan. Yang beradat resam nan bertuah lagi bermarwah. Nan ditelisik akan akhlak dan aqidahnya, nan ditapis oleh syara’ ugama rasminya,

Wa ba’du, Tatkala Raja Adir dijunjung dan beraja, beliau dipersebut sebagai Raja Pertama Sunggal, sekira tahun 1039 hijriah, atau 1629 dalam sanat masehi. Meski sebelum itu telah pun ada raja-raja Melayu terdahulu yang tiada pasti rujukan mana hendak dipakai.

Selanjutnya Raja Mahbud ibni Raja Adir pun beraja di Sunggal 22 tahun setelah ayahandanya beraja. Putera kepada Raja Mahbud, yaitu Raja Bubud, 15 tahun kemudian menjadi Raja Sunggal, yang disebutkan hingga 125 tahun lamanya berkuasa. Setelah itu selama 29 tahun, Raja Andan pun berkuasa di Sunggal.

Bila terdahulu negeri-negeri Melayu dalam Sunggal meliputi ibu negeri Sunggal; ditambah dengan Paya Geli, Mandi Angin, Kampong Lalang, Tanjong Makosta, Asam Kumbang, Kuala Tuntungan, Tanjung Selamat, Simpang Tiga, Sungai Beras, serta negeri-negeri bersempadan dan berperinggan lainnya hingga ke Binjai sekitarnya. 

Di masa raja-raja dan pemangku setelah itu, Sunggal Serbanyaman pun telah lebih luas lagi, termasuk dari dataran rendah hingga ke gunung,  yang berkaum Melayu dan Puak Karau, yang beraja kepada Sunggal Serbanyaman. Semisalnya Kota Jurung, Tanjung Bale, Sembahe, Rampah Dua, Lau Morgah, Gajah, Raja Kanabunan, Glugur, Tanjung Pama, Sibiri-biri, Durian Jangat, Panukiran, Serbajadi, Penompangan, Mirik, Nama Bantang, Kuala Timbangan, Gambir, Nama Randang, Naga raya, Kotta Lembaru, Lijang Gagang, Kinabuk, Batu Kacang, Lau Batelong, Ngari Gunung, Lau Bekhori, Rimbun, Dagang Kubur, Nama Kamuna, Nama Rakab, Ujung Barat, Ujung Barat Kemjahe, Gunung Malawan, Nama Topoh, Nama Kleang, Lau Krada, Biepiek, Lau Salah, Belawan, Pancang Membuwi Tuwala, Gunung Lintang, Padien, Nama Turi, Beringin, Buluh Nipis, Belimbingan, Rambung, Tanjung Selamat, Tanduk Benua, Sapuruk, Ujung Daling, Rumah Subul, Rumah Lendi, Nama Palaga, Limau Kajaran, Rumah Darapit, Gunung Parima, Taburan, Rumah Tengah, Gunung Jahe, Rumah Kanakung, Namah Beringin, Suka Radi, Dalam Suka, dan Mancang Uruk Limau Mungkur.

Hatta, Di zaman Datuk Amar Laut ibni Raja Andan, Sunggal Serbanyaman memper-elok tata pemerintahan Diraja Melayu yang menaungi beragam suku, dan lebih menghidupkan niaga lintas laut, dengan membawa hasil bumi ke Pulau Pinang serta negeri-negeri lain. Telah pun diterapkan qanun yang jelas, serta menghunjuk Mufti, agaknya agar teratur spiritual negeri Sunggal ini.

Pada sanat masehi 1845 hingga 1857, berajalah Datuk Abdulllah Achmad bin Datuk Amar Laut. Di masa inilah, Datuk Abdulllah Achmad memperoleh gelar dari Kesultanan Deli, sebagai wazir Deli, dengan gelar Datuk Indera Pahlawan - Wazir Serbanyaman. Hingga sejak itu Sunggal bertambah nama menjadi Sunggal Serbanyaman.

Setelah pemerintahan Datuk Abdulllah Achmad ibni Datuk Amar Laut, sempat Datuk Muhammad Dini bin Datuk Amar Laut menjadi Datuk Kecik, yaitu sebagai pemangku selama 9 tahun.

Selepas itu barulah beraja Datuk Badiuzzaman ibni Datuk Abdullah Achmad. Kesultanan Deli menyebutnya sebagai Raja Urung Serbanyaman. Beliau bergelar Datuk Seri Diraja Indra Pahlawan. Datuk Badiuzzaman berkuasa pada tahun 1866 hingga 1895. Pada tahun 1870, Datuk Badiuzzaman disokong oleh banyak petinggi, baik di dalam Kedatukan Sunggal Serbanyaman maupun dari luar, untuk menentang kebijakan Penanaman Modal Asing, yang ingin berinvestasi di lahan yang sudah menghasilkan lebih besar dari pada investasi sepihak. Dari tubuh Kedatukan Sunggal, sebut saja Datuk Alang Muhammad Bahar yang menyokong perjuangan beliau. Dari luar banyak pula yang menyokong beliau untuk itu, sebut saja Tuanku Haji Musa al-Khalid al-Mahadiah Muazzam Shah dari Langkat, Raja Haji Jamta Melayu atau Tengku Muhammad dan Datuk Bandar Kajum dari Negeri Padang – Tebing Tinggi, Datuk Bedagai dan Datuk Negeri Batubara, serta banyak sokongan lain dari berbagai negeri.

Hingga dua tahun setelah itu terjadi perang besar, yang berlangsung selama 23 tahun, yang dimulai tahun 1872 hingga berakhir di saat Datuk Badiuzzaman dan Datuk Alang Muhammad Bahar, diasingkan ke Pulau Jawa pada tahun 1895.

Selepas itu, Kedatukan Sunggal Serbanyaman dipimpin pemangku yaitu Datuk Haji Muhammad Alif bin Datuk Abdullah Achmad. Datuk Haji dikenal piawai dalam membangun hubungan pemerintahan, baik ke dalam maupun keluar, baik Sunggal sebagai Diraja Sunggal maupun Serbanyaman sebagai Wazir Deli.

Petuah Mufti Kedatukan Sunggal Serbanyaman kepada Datuk Haji yang berbunyi:

“Pabila putus makrifat sudah, syariah bersedar kepada Ilah

Pabila telah mendalami Aqidah, dunia akhirat tiada ia menyalah”

Dikarena petuah Mufti itu, Datuk Haji Muhammad Alif, sangat mampu mengatur keseimbangan dunia & akhirat. Sampai-sampai Datuk Haji melaksanakan ibadah haji ke Makkah setiap tahunnya, tapi di satu sisi, beliau juga membuka lahan pertanian di  lereng Pegunungan Sarawat daerah Ta’if yang masih berdekatan dengan Makkah – Saudi Arabiah, masa itu.

Selanjutnya beraja pula Datuk Muhammad Munai ibni Datuk Badiuzzaman dari tahun 1901 hingga 8 tahun berikutnya beliau berpulang. Lalu sementara pemangku Kedatukan oleh Datuk Muhammad Yusup. Sampai selanjutnya beraja Datuk Mohammad Jalib ibni Datuk Muhammad Munai, dengan gelar Datuk Johan Pahlawan.

Di tahun 1922 beraja pula Datuk Muhammad Hasan ibni Datuk Muhammad Munai, dengan gelar Datuk Sri Indra Pahlawan Diraja. Setelah Datuk Muhammad Hasan berpulang pada sanat masehi 1959, karena Datuk Syaifi Ichsan bin Datuk Muhammad Hasan masih berusia 6 tahun, maka dipangku oleh Datuk Muhammad Hitam bin Datuk Muhammad Munai.

Pada tarikh 1407 hijriyah, bersamaan dengan tahun 1986, Datuk Syaifi Ichsan bin Datuk Muhammad Hasan ditabalkan dengan gelar Datuk Sri Indra Pahlawan Diraja.

Pada selasa 4 Jumadil Awal 1441 Hijriah, bersamaan dengan 31 Desember 2019, Datuk Syaifi Ichsan bin Datuk Muhammad Hasan, gelar Datuk Sri Indra Pahlawan Diraja, berpulang untuk selamanya. Di hari yang sama pula, diadakanlah pertabalan putera tertua marhom Datuk Syaifi Ichsan, sebagai Wazir Serbanyaman, yaitu Datuk Syahlafati Ichsan ibni marhom Datuk Syaifi Ichsan, gelar Datuk Sri Indra Pahlawan Diraja. Raja Kepala Adat Kedatukan Songgal Serbanyaman saat ini.

Atas keinginan dan mufakat banyak zuriat Kedatukan Songgal Serbanyaman, sangat diinginkan diadakan Acara Istiadat Permakluman & Pengukuhan Datuk Syahlafati Ichsan sebagai Raja - Kepala Adat Kedatukan Sunggal Serbanyaman Ke XII, oleh Zuriat Diraja Sunggal  Serbanyaman langsung.

Keinginan banyak zuriat Kedatukan Songgal ini, karena Acara Istiadat Permakluman & Pengukuhan Raja di Songgal, terakhir kali dilaksanakan 98 tahun yang lalu, yaitu pada tahun 1922, dan setelah itu tidak pernah diselenggarakan lagi.

Yang Mulia Datuk Syahlafati Ichsan ibni marhom Datuk Syaifi Ichsan, gelar Datuk Sri Indra Pahlawan Diraja pun sempat berfikir, akankah melaksanakan acara ini. Sikap beliau yang rendah hati dan tiada gemar bermegah-megahan, membuat beliau terus mengkaji.

Namun amanah adat terasa tiada boleh ditepiskan.

“Kecil dikandung Bunda,

Besar dikandung Adat”

Betapa pentingnya adat, hingga muncul perumpamaan lama, yang memiliki makna yang dalam, yaitu :

“Biar mati anak, asal jangan mati adat”.

Asbab dikarena itu, bermufakatlah sekalian zuriat Kedatukan Songgal Serbanyaman, untuk mengadakan acara istiadat.

Dicari lah keaslian adat istiadat Kedatukan Songgal Serbanyaman, agar Acara Istiadat Permakluman & Pengukuhan Raja di Songgal ini, tetap berunsur Songgal. Akhirnya ditemukan sebuah arsip saat pengukuhan Datuk Muhammad Hasan, 98 tahun silam. Salah satu catatan beraksara Arab Melayu, berbunyi demikian:

“Tatkala hujan sudah pun sidang waktu matahari sepenggalahan naik,
Sarikata alu aluan dibacakan tanda pemukah istiadat diraja.
Egung  berbunyi  berbilang gasal.
Tabuh larangan berbunyi tiada henti,
Raja Songgal pun dikukuhkan dengan Keris Alang dan Selit Siwah Diraja.
Penari laki laki berjumlah lima membawa pedupaan berisi setanggi harum cempaka,
Menjunjung sembah hingga lapan penjuru mata angin tujuh petala,
Rajah pun didedengkan sembilan bait mengiringi tari menjunjung sembah.
Jemput semangat dulang diangkat memuhun Raja Songgal naik tuah lesap hangal.
Tujuh hari perhelatan dibuat, orang gunung membawa kerbau membawa kati kati banyak berisi”.

Dalam penggalan catatan tadi, yang mengenai Istiadat Permakluman & Pengukuhan Raja di Songgal 98 tahun lampau. Juga menilik dari sekian banyak rujukan, acara istiadat ini disebutkan terkandung: Sarikata alu aluan, Bunyi gong berjumlah ganjil, adanya Tabuh Larangan, Raja Songgal dikukuhkan dengan Keris Alang dan Selit Siwah Diraja, Tari menjunjung sembah oleh 5 lelaki & diiringi dedeng 9 bait, serta diadakan Jemput Semangat. Semua itu selenggarakan sebagai penyempurna adat; kecuali disebutkan 7 hari perhelatan, yang rasanya agak sulit dipenuhi dalam suasana saat itu.

Hatta, zuriat susur galur Kedatukan Songgal Serbanyaman, hari itu memperselakan & membuat acara, “Permakluman & Pengukuhan Yang Mulia Datuk Syahlafati Ichsan sebagai Raja - Kepala Adat Kedatukan Sunggal Serbanyaman Ke XII, oleh Zuriat Diraja Sunggal  Serbanyaman pada Ahad 25 Oktober 2020 di Sunggal – Medan”.

Dedeng Sembilan Bait Kedatukan Sunggal Serbanyaman

 

Bismillah dibace tande mambuke,

Manjunjong sembah ke Raje muliye,

Ampunke maaf ayah dek bunde,

Selingkop alam kite sudare.

 

Haum kate diambe bemule kate,

Tabik dek hurmat tujoh petale,

Menjunjong duli same dirate,

Tande betuah lesapke bale.

 

Ampun ke kami Raje Songgal Serbanyaman, ahoi keramat tujoh Petale oi,

Tabik patik atas tingkulok, ahoi keramat tujoh Petale,

Menjunjong duli santun betandak,

Patik sebatang ciade nak selok, ahoi Datuk tujoh Petale oi.

 

Ampunke patik menjunjong sembah, ahoi keramat oi,

Sembah menghadap badan merebah, ahoi,

Seberekas maruah harap batambah,

Raje Songgal naik lah tuah, ahoi Datuk tujoh Petale oi.

 

Menghadap Raje megah hati dirase, ahoi keramat  Petala,

Bukan dikami melanggar pantang,

ciade kami hendak menantang, Alahai Datuk tujoh Petale,

Berekat-berkati badan nang datang, ahoi Keramat oi.

 

Ahoi

Ganggang puan ganggang cendane, oi keramat 7 petala oi,

Tasusun sembah 8 penjuru, oi Keramat Tuah oi,

Lesapke juge sedih dek duke,

Pohon bekati rezeki tibe, oi Keramat Tuah oi.

 

Ahoi embus embuske angin sidulak dulai,

Embuskan ke tengah tasik, oi,

Sampaike salam kami nang fakir,

Tandak bersimpuh tande penangkal ahoi keramat Tuah oi.

 

Ahoi Keramat Tuah oi, tang mane kinin semayam puyang, oi,

Kami himbau sile ke datang,

Tari songgal serbayaman jadike jamu,

Sile Duli hurmat nang tinggi, oi Datuk keramat oi.

 

Ahoiiiii …

Sile Duli turai sebatang,

Kuase tide hendak menentang, oi Datok keramat oi,

Ciade kunun te faham pantang.

Menjunjung duli perhimpun datang

*(M Muhar Omtatok)

 


Sedikit Tentang Sunggal Dari Buku “Mission To The East Coast Of Sumatra 1923”


Ini saya terjemahkan dari buku “Mission To The East Coast Of Sumatra 1923”, Sebuah catatan perjalanan  John Anderson, lebih dari 400 halaman. Terjemahan ini dari halaman 48 hingga 64, minus halaman 62 yang hilang, sebetulnya setelah halaman 64 masih bercakap tentang Sunggal. Dalam buku ini, John Anderson menulis kata ‘Sunggal’ dengan ‘Soonghal’, mengikut ucapan tempatan yaitu ‘Songgal’.

Misi perjalanan John Anderson ke Pantai Timur Sumatera ini, sesungguhnya lebih kepada penjajakan ekonomi bahkan agaknya juga politik. John Anderson yang seorang Inggris ini, sebagai agen dari Gubernur Inggris untuk Pulau Pinang (Government of Prince of Wales Island), walau sayang bagi mereka, misi ekonomi ke Sumatera  itu tidak terealisasi dalam investasi dan kerjasama bisnis , karena pada 17 Maret 1824 ditandatangani Perjanjian London antara Inggris dengan Belanda. Britania Raya atau Inggris tak lagi merambah Sumatera.

Dalam “Mission To The East Coast Of Sumatra 1923’, Anderson menulis bukan sebagai Sejarahwan, tapi berdasarkan apa yang ia amati dan rasakan; walau dalam misi perjalanan itu ia membawa rombongan yang juga punya keahlian seperti Sepoy yaitu Tamtama khusus, Ahli Bahasa Melayu – walau Anderson juga faham Bahasa Melayu.

Makanya wajar bila kita akan temukan disini pemakaian sebutan yang  agaknya perlu ditelaah juga, semisal ia menemui ‘Sultan’ di Kelumpang (ia menulis Kullumpang), bernama Sultan Ahmet (Ahmad).

 

Pemimpin tempatan yang dijumpai di beberapa tempat disini, ada yang dia sebut ‘Chief’, yang ia pisahkan dalam penyebutan Sultan, Datuk, Rajah (Raja), atau juga Orang Kaya.

Untuk kaum yang bukan Melayu atau orang dari gunung, ia menyebut Batta (Battas); sama seperti penulis-penulis luar lainnya yang menulis demikian juga. Sedang untuk Negeri yang ia lalui  dipakainya kata ‘Country’.

Dalam catatan ini, kata benda berbahasa Melayu tetap ia pergunakan, seperti nama hewan, tumbuhan, tempat, gelar dan sebagainya. Ia juga mencatat suasana alam, tata karma serta komoditas niaga.

Ini lah terjemahannya:

22 Januari 1923

Dini hari ini aku keluar untuk mengambil laporan dari Kampong Bendar. Tak mudah aku berjalan, karena tanah berawa & berlumpur. Tampak beberapa pemukiman, hingga aku mesti menunjukan penampilan yang nyaman.

Orang-orang sibuk dengan pekerjaannya. Ada yang menebang Kayu Api, membuat papan haluan, menumbuk padi, dan lain sebagainya.

Penduduknya santun & saling membantu.  Seperti lazimnya di banyak Negeri Melayu, disini pun aku disapa dengan sebutan: Tuan.

Aku menembak burung patatow, spesies yang burung pematuk kayu, dengan bulu kuning tua, dan paruh panjang. Ada pula kerang yang dibawa dari tepi pantai, tampaknya ada jenis yang besar; yaitu kerang dengan ukuran yang sangat besar berotot, dan tiram; juga sejenis wilk aneh yang disebut kalimboy, dengan cangkang hitam, dan sebagainya.

Akibat hujan, yang mulai turun deras pada pukul delapan, aku terkurung sepanjang hari di rumah; kesibukanku sementara waktu adalah mengumpulkan informasi dari penduduk yang mengunjungi kami, yang membawakanku beberapa barang, seperti peralatan perang, bunga dll.

‘Mata mata’ sangat aktif dalam pengadaan persediaan ikan, & Seorang pria baru saja tiba dari Sunggal (baca: Songgal), memberi tahukanku bahwa OrangKaya berada di Selagan-layan, satu perjalanan sehari dari Sunggal, di mana ada yang desa kecil, dan perkebunan lada yang luas. Sedang ‘Sultan’ Ahmad berada di Kelumpang.

Aku sangat cemas, kami harus mencapai Sunggal secepat mungkin, agar aku dapat memeriksa keadaan negeri, dan juga membujuk Orang Kaya untuk memperkenalkan mata uang kita.

Aku diberitahu, bagaimanapun, bahwa hutan itu penuh dengan penjahat pendatang, dikenal dengan nama ‘Gumpangan’, atau ‘Musu Membawa’ (  :orang pendatang dari gunung), yang menembak dari balik pohon, dan menjarah.

Negari di sekitar Deli dipenuhi dengan penjahat  yang sama ini.

Karenanya,  aku dicegah dari penetrasi lebih jauh ke daerah yang lebih jauh; dan raja khawatir kalau aku sampai melakukannya, takut mendapat celaka. Raja menolak memberikanku pemandu, seperti yang aku minta.

Orang-orang ini mengintai dari semak belukar, bersembunyi dan memanahkan panah beracun yang melayang di udara tanpa suara, membawa kematian yang pasti bagi korban yang tidak waspada.

Orang orang di sekitarku menghibur diri dengan bermain catur (main gajah ), sebuah permainan yang lazim di banyak negeri yang saya kunjungi. Tampak para pemain yang sangat piawai.

23 Januari 1823

Pada malam hari ada tiga orang yang mengendap-endap di bawah tempat tidurku, mencoba membuat lubang  di lantai rumah panggung yang hanya terbuat dari kayu samir tipis. Begitu mereka ketahuan, mereka melarikan diri dengan cepatnya.

Sebetulnya pengawalku sudah bertugas dengan bagus.

Aku terus terjaga sepanjang malam dikarenakan satu dari anak lelaki tuan rumah melantunkan dongeng yang puitis. Banyak orang didekatnya yang mendengarkan dengan rasa senang. Suaranya lembut dan berirama, dan pelafalannya sangatlah menyenangkan.

Juru tulisku dan seorang utusan yang meninggalkanku di tempat ini dua hari yang lalu, pergi ke Sunggal belum jua kembali. Aku terpaksa menunggu  Bangsawan sebagai pimpinan  Kelumpang.

Sepanjang hari ini, hujan pun turun dengan derasnya. Begitu cuaca cerah, aku pergi ke kampung sebelah, Pangkalan Buluh, untuk mengunjungi Pemagang Haji. Jaraknya tak lah terlalu jauh dengan berjalan kaki. Tetapi jalanannya hanyalah sekumpulan lumpur dan air. Kakiku tenggelam hampir selutut. Oleh karena itu, aku lebih suka naik perahu, meskipun cukup sulit untuk melawan arus kuat di kanal sempit yang dibuat beberapa tahun lalu, airnya mengalir seperti pintu air.

Penduduk di sini memang lebih memilih mengarungi sungai sejauh 300 atau 400 yard daripada berjalan di jalan setapak yang sejauh 200 yard.

Kami melihat beberapa anak laki-laki yang menunggang kuda kecil. Berpacu ke sungai dengan kecepatan tinggi, dan bermain air ke sana kemari. Kuda - kuda itu sepertinya terlatih untuk pacuan.

Aku menembak seekor burung biru yang indah, berparuh kuning, disebut perling, yang berkicau sama persis dengan burung sikatan hitam. Juga beberapa jenis Balam dan Punai, yang jumlahnya sangat banyak, dan enak untuk dimakan.

Barau - barau yang berwarna kuning cantik juga berkicau seperti burung sikatan hitam. Dan penduduk di sini memberitahu burung ini bisa diajari berbicara.

Binatang tempatan, yang terbanyak adalah kucing. Ini spesis kucing Melayu asli, dengan ekor yang melingkar, berbadan besar dan kuat, dan ahli menangkap tikus.

Aku perhatikan di setiap pondok para wanita bekerja dengan rajin, mengirik padi, membuat pembungkus rokok, memintal, dan mewarnai.

Dari daun Nenas yang tumbuh liar sangat banyak di hutan, mereka membuat benang halus yang kadang-kadang digunakan untuk menggantikan Sutra.

Setiap bahan yang diperlukan dan bahan langka bisa diperoleh di negeri ini. Yang sumber daya alamnya memiliki banyak keunggulan. Dan sangat bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lebih besar.

Sebenarnya, kebiasaan bersantai dari penduduk di sini adalah kendala untuk pengembangan.

Mereka mendapatkan nafkah dengan mudah atau tanpa kerja berat. Dan menghabiskan kebanyakan waktu rehat, merokok madat  dan sebagainya. Akan tetapi, di sini kebiasaan menghisap candu tidaklah lazim sebagaimana di Sunggal.

Menjelang petang, tiga pedagang [Battas] datang. Mereka pendatang baru, melakukan perjalanan menyeberang melalui jalur Langkat. Yang merupakan daerah yang berhubungan baik dengan Sunggal. Mereka berasal dari suku Karau Karau. Dan berpakaian buatan pesisir yang seluruhnya berwarna biru yang disebut murch dan chelopan. Di mana setiap tahun diimpor oleh para Chooliah (Orang Keling, yang dimaksud disini adalah India Muslim yang sudah berresam Melayu, biasanya perniaga)  dalam jumlah besar ke Pulau Pinang.

Hampir semua orang Battas yang kulihat di sini mengenakan pakaian ini. Dan beberapa memiliki baju atau jaket mirip eropa tapi berbahan chintz ( semacam batik india ) atau kain putih. Belakangan ini mereka sangat ingin memakai pakaian macam eropa, tapi manalah mungkin dengan keterbatasan.

Perkebunan merica tumbuh lagi dengan suburnya dan berbuah dengan cepat, pada kwartal ini. Hasil bumi mereka ini akan memberikan daya beli yang cukup bagi mereka untuk membeli baju-baju yang mereka inginkan.

Berdasarkan apa yang aku lihat, aku tidak meragukan, dan sedikit membuktikan bahwa permintaan terhadap chintz Eropa ( sejenis batik india ), maddapollam (kain katun lembut yang dibuat dari benang halus dengan pilihan padat yang ditata dengan tenunan linen . Madapollam digunakan sebagai kain bordir dan saputangan serta sebagai bahan dasar cetak kain), muslin ( kain katun dengan tenunan polos  ) dan sapu tangan akan meningkat. Permintaan terhadap barang-barang ini ke depannya akan menjadi besar dan penjualannya meluas.

Aku melewati dua surau tua yang sudah lapuk di Pangkalan Buluh. ( saya menterjemahkan ‘two old decayed churches’, dengan: ‘dua surau tua yang sudah lapuk’. Karena penulis berbahasa Inggris di era itu beragam sebutan untuk jenis rumah ibadah, termasuk penggunaan kata church tidak cuma untuk gereja).

Surau tua itu berdekatan dengan pepohonan varietas daun salam yang disebut ‘mas mas’.  Yang digunakan untuk upacara pemakaman mereka, dan yang biasanya ditanam di sekitar makam orang mati.

23 Januari 1823,

Tak sabar juga menanti ketibaan pemimpin muda. Meskipun Pemagang Haji

agak keberatan atas perjalananku mengelilingi negeri ini, aku bertekad untuk mengambil risiko apa pun, agak melawan sedikitlah, setidaknya aku dilengkapi enam orang Tamtama keling,  enam orang Laskar, Mr. Brown, dan juru gambar.

Pemagang Haji tidak jadi datang menemuiku pagi ini, karena sudah membuat janji, aku pergi ke rumahnya sekitar pukul tujuh.

Kami melewati lumpur yang tingginya selutut. Seorang anak lelaki dengan menunggang kuda menuntun kami untuk menunjukkan kanal sungai.

Dan orang-orangku mendayung  perahu dengan sekuat tenaga ketika melewati perairan yang dangkal. Akibatnya mereka sudah penat sebelum memulai perjalanan.

Pemagang Haji menjelaskan beberapa rintangan dalam perjalananku. Seperti jalan yang buruk, dan bahaya serangan dari para penjahat. Dan bisa saja di jalanan setapak orang-orangku akan terkena  ranjau yang berpeluru buluh runcing.

Namun kami tetap berangkat dari Pangkalan Buluh sekitar pukul delapan pagi. Melalui kampung Kelambir dan ‘Dangla’ yang terletak di tepi sungai yang tenang. Dan mencapai Kelumpang, kediaman ‘Sri Sultan’ Ahmad, sekira pukul 4.

Di tengah perjalanan kami melewati lumpur dan air. Banyak tanaman padi yang tingginya melebihi kepala kami setinggi 2 atau 3 kaki, hujan pun turun. Dan karena jalurnya sempit, kami benar-benar basah kuyup. Di tempat lainnya, kami melewati jalan setapak dengan semak berduri di kedua sisinya, wajah dan tangan kami pun birat.

Aku mengganti pakaian di tepi sungai, setelah membasuh darah karena gigitan pacat yang menempel di kakiku. Matahari kemudian bersinar sangat terik sepanjang hari. Dan aku berfikiran mungkin jumlah darah yang disedot oleh pacat dapat mencegah sakit demam, atau malah berdampak buruk jika terkena sinar matahari yang begitu terik.

Sudah terlalu petang untuk melanjutkan perjalanan, dan karenanya kami berhenti untuk bermalam. Karenanya, perlu memberitahukan kepada 'Orang Kaya' Sunggal tentang kedatangan kami. Aku mengutus Juru tulisku ditemani oleh seorang pemandu dengan menunggang kuda. Tapi tak lama kemudian mereka sudah kembali, setelah bertemu dengan beberapa orang dari 'Orang Kaya', yang memberitahukan bahwa beliau bersedia menerima kedatanganku.

Saat kami mendekati kampung, orang-orang baru saja memanen padi, yang dipetik dengan sangat cepat dan dikumpulkan menumpuk dan tersusun, layaknya kita menumpuk gandum di Inggris. Masing-masing berisi sekitar 2 hingga 5 koyan (Satu koyan kira-kira terdiri dari 27 - 30 pikul). Dan puncak atasnya ditutupi dengan topi jerami dan rangkaian bunga, terasa efek pedesaannya.

Padi di sini sama seperti di Deli, sangat panjang, dan bulir - bulirnya besar. Berbagai macam semak yang berbunga mengelilingi rumah. Ada banyak juga pohon buah-buahan, terutama Pisang raja dan Pepaya yang besar - besar & rasanya terlezat kurasa.

Pohon Merica yang ada di sekeliling rumah juga berada di lahan yang baik dan mereka baru saja mulai memetiknya. Beberapa tanaman merica merambat di tiang-tiang kering, dan lainnya pada pohon bangkudu.

Nyamuk begitu banyak pada siang hari di hutan, sehingga perjalanan menjadi sangat tidak nyaman. Jika kami berhenti sebentar saja, akan segera diserang nyamuk.

Kami melihat beberapa kawanan kerbau, dengan ukuran yang sangat besar. Yang lebih gemuk dan tampak dipelihara lebih daripada lembu yang pernah aku lihat di Smithfield Market.

Kerbau yang sangat liar, dan segera menjauh saat kami mendekat, tampaknya khawatir pada mantel warna merah para prajurit.

Jejak gajah, harimau, dan babi, terlihat sangat banyak di jalur perjalanan. Dan kami melihat tanda-tanda keberadaan dari kawanan gajah yang besar telah melintasi di jalur yang kami lalui malam sebelumnya. Hewan-hewan ini tidur di siang hari, dan karena itu kami tidak khawatir akan diserang.

Di setiap rawa-rawa burung berkik yang sangat banyak. Dan muncul dalam sekawanan yang besar. Tidak kami tembak. Burung yang cukup jinak dan tak kenal takut.

Saat kami melewati kampung Dangla, ada orang-orang yang baru saja menangkap rusa besar dengan jerat. Mereka membagikan kepada kami secukupnya daging pada bagian yang baik dan lembut. Penduduk di sini biasanya memotong daging menjadi irisan yang sangat tipis dan dikeringkan di bawah sinar matahari.

Banyak Orang Melayu merupakan penembak yang jitu. Yang banyak menembak rusa.

Seorang pria di desa ini diperkenalkan kepada aku. Yang dapat membunuh burung besar di atas pohon dengan satu tembakan dan jarang meleset.

Kami tidak melihat banyak ular dalam perjalanan kami. Kami hanya membunuh satu ekor ular hijau yang cantik, yang disebut umbaka, panjangnya 3,5 kaki.

Spesies semut sangatlah beragam. Bahkan ada yang sebesar lebah. Dan semut merah besar yang jika menggigit berakibat parah. Yang sering jatuh dari daun pohon di atas orang yang sedang lewat. Serangga-serangga ini bersama dengan nyamuk, dan pacat, ikut andil membuat perjalanan menjadi menderita dan tidak mengenakkan. Sementara matahari bersinar tepat di atas kepala kami yang menambah penatnya perjalanan kami.

Berikutnya aku akan memberikan penilaian pada tanaman sayuran yang perlu diperhatikan di hutan. Yang tampak mudah membudidayanya. Cabai kecil yang disebut bird’s eye (mata burung, agaknya: lada burung)  ada di mana - mana, tumbuh paling subur. Daun nilam, daun yang digunakan untuk mengisi tilam & bantal, dan barang dagangan umum penduduk asli, sangat banyak. Kacang-kacangan liar, banyak variasi, yang bunganya sangat lembut. Buah kecil berwarna kuning, disebut Terung asam, dengan kulit kasar, penuh biji kecil, dan rasanya mirip Gooseberry asam, agak enak dimakan di hari yang panas. Kami temukan dalam jumlah banyak & orangku memakannya banyak tanpa ada efek buruk apa pun karena asamnya. Tanaman limau sangat banyak di hutan. Pohonnya tumbuh besar & buahnya sangat bagus.

Jambu biji juga tumbuh liar di hutan. Atau memang ditanam di sana. Atau karena disebarkan dan dibawa oleh burung-burung. Kami lihat banyak sekali pohonnya.

Pohon Abang Abang juga kelihatan banyak. Digunakan sebagai arang untuk bahan bubuk mesiu. Kami juga melihat banyak pohon Bankiri. Pohon kakumbo yang kulit kayunya digunakan sebagai pengganti sirih, memiliki kualitas tajam. Dan kami temukan banyak Galingan atau Puting Malela yang daunnya digunakan untuk menyembuhkan cacar. Kami melewati banyak pohon Selaslas yang cantik. Tapi tidak melihat ada sarang di atasnya. Penduduk di sini memanfaatkannya. Kulit pohon ini sangat halus, dan berdaun sangat kecil. Jarang rantingnya di bawah 60 atau 70 kaki. Memanjatnya tentu sulit dan berbahaya. Pohon Benuang juga banyak. Daun Radudu, tanaman obat, juga umum. Pohon enau sangat banyak, dan ukurannya sangat besar, dan banyak rotan & tebu-tebuan.

Penduduk asli menggunakan Rotan besar yg di sini mudah diperoleh, disebut Chimmo, untuk mengambil air dari sungai & menyeberang sungai. Bermacam bunga hias kecil & semak, seperti bunga bachelor's button & bunga coxcomb.

Di pinggiran juga banyak pohon bermanfaat & tanaman hias lainnya yg tidak sempat aku amati. Dan aku menyesal karena tidak memiliki ilmu botani memadai untuk menjelaskannya.

Keseluruhan perjalanan sangatlah menarik. Beberapa tempat di Hutan seperti taman. Tampaknya penduduk setempat telah membabat hutan. Ini sungguh ladang yang kaya bagi naturalis.

 

Saat mendekati rumah Chief (Pemimpin Tempatan, Bangsawan sebagai pimpinan disitu), Tamtama Sepoy memberi hormat dengan 5 tembakan musketry dan melakukan lagi dalam jumlah yang sama dengan berlutut. Penembakan tersebut menarik perhatian petani Melayu dan Batta di kebun lada dan padi di sekitar. Mereka mengira ada musuh yang datang. Dan datang bersiap untuk melindungi Pemimpin tempatannya, dilengkapi dengan perlengkapan bela diri mereka. Dengan terburu dan tergesa-gesa mereka mendatangi. Mereka tentunya merupakan orang dari berbagai latar, dan tampak garang dan terbelakang.

Mereka memperhatikan kami dengan aneh. Sultan muda keluar untuk menemuiku. Tapi karena tidak tahu tentang seremonial diplomatik & cara menyambut tamu Eropa [karena dia belum pernah melihat orang kulit putih], dia menjadi malu. Timbullah kesopanan & pujian yang berlebihan. Saat aku melepas topi sebagai bentuk hormat, dia menarik tengkuloknya dari kepalanya & memberikan salam yang serupa. Yang mana bertentangan dengan etiket orang Melayu. Mereka memberi hormat dengan menekuk 2 kali & hampir menyentuh kepala satu sama lain. Saling berpegangan tangan satu sama lain. Seperti bawahan yang menaruh kepalan tangannya ke tangan atasan, yang memberi tekanan pelan.

Sewaktu menyajikan Sirih, mereka sangat seremonial. Sultan Ahmad adalah seorang pemuda yang baik, bijaksana, humoris. Terlebih sangat terbuka dan tidak gila hormat.

Sultan Ahmad orang yang ingin tahu & sangat ingin menggali informasi. Bersama gurunya, seorang Ulama Jawa yang pernah ke Mekah, dan yang mengajarinya mengkaji Al Qur’an dan ilmu agama, menemaniku sampai tengah malam, sepertinya tidak akan mau disudahi. Hingga aku mengingatkannya tentang perjalanan melelahkan yang baru aku lakukan & aku membutuhkan istirahat.

Aku tidak melihat asap opium hari ini. Dan mereka yang aku fikir menyukainya, agak cenderung menyembunyikan kebiasaan buruk itu. Karena itu dipandang baik bagi mereka. Tapi paman Sultan muda, Tuanko Marim, tanpa basa-basi membawa pipa dan peralatan merokoknya & menggunakannya di sebelahku. Seperti orang Eropa yang menghisap Sisha atau cerutu. Dia seorang pria yang kurus kering kurus dan tampak sakit-sakitan. Dan terlihat dahulunya seorang pecandu yang kemudian kini memberinya hal buruk. Dia terus menghisapnya hingga sekitar pukul 9. Sampai dia sudah terbius & sangat pening hingga tidak bisa berjalan ke pintu tanpa bantuan. Dia bilang padaku bahwa dia memakai sebanyak 1 bola atau satu kati opium setiap tahun.

Aku memberikan oleh - oleh kepada Sultan Muda beberapa kain Eropa & air mawar. Begitu juga kepada pamannya. Surat dari tuan Gubernur juga diterima dengan hormat dan kesantunan, dan dibacakan dengan lantang laksana  para pujangga.

Di sini, korespondensi melalui surat jarang dilakukan. Belumlah lama kami tiba, seorang utusan dengan 30 pengawal dikirim oleh Orang Kaya Sunggal dengan pedang atau keris panjang yang indah, ditempa dengan ukiran emas. Dan menyampaikan bahwa Orang Kaya pergi mengambil haluan kapal di Buluh Cina. Karena nahkodanya baru meninggal dunia.

Sewaktu berbincang dengan beberapa orang yang baru saja datang, salah satu dari mereka memberi tahuku bahwa dia telah berdagang di pedalaman beberapa bulan sebelumnya & kehilangan seorang temannya yang terbunuh & dimakan oleh Battas di dekat danau besar. Karena dia memakai sarung pendek (kain sampin) yang dianggap sangat tidak sopan & penghinaan bagi suku Battas tertentu. Mereka memakai pakaian mereka sampai ke bawah kaki. Battas pendatang  di Kelumpang adalah dari suku Karau Karau. Mereka masing-masing membawa tas kecil di atas bahu mereka, berisi sirih dan rokok mereka, atau cerutu kecil, terbuat dari tembakau shag, digulung dengan daun kering. Yang sangat banyak mereka gunakan. Jarang 1 menit pun tanpa itu di mulut mereka . Mereka meninggalkan istri dan anak-anak mereka di pegunungan untuk turun untuk menanam merica disini.

Umumnya mereka pulang ke gunung sekali dalam setahun selama beberapa hari. Dengan hasil industri buahan mereka. Mereka sangat mirip dengan orang Cina dalam kebiasaan berhemat. Dan suka mengumpulkan uang. Mereka bertugas menjaga dan membersihkan kebun merica.

Sultan Ahmad memiliki kurang lebih 200 orang Battas sebagai pekerja tetap di kebunnya, dekat Kelumpang, yang tahun lalu menghasilkan 50 koyan atau 1300 pecul, dan jumlahnya meningkat setiap tahun. Dan sekarang sejumlah tanaman muda mulai tumbuh merambat secara bertahap. Kami perhatikan banyak perahu kecil yang hilir mudik di sungai, dan terlihat adanya kesibukan & perdagangan yang berbeda dari yang kami amati di Deli.

Rumah kecil tempat kami tidur yang biasanya digunakan sebagai balai pertemuan, terbuka seluruhnya. Dan sepanjang malam kami terkena embun tebal. Dan angin dingin yang menusuk. Ini dibangun di atas tiang-tiang yang ramping. Sekitar delapan kaki dari tanah, sangat lapuk, dan karena kelebihan beban, kami sempat berfikir bakal rubuh. Dan kami akan tertimpa oleh reruntuhannya.

…….

Di semua kampung yang kami lewati, sebelumnya kami mengutus seseorang untuk mengabarkan kedatangan kami, agar menghindari adanya ketakutan di kalangan wanita serta kanak-kanak.

Di kampung kecil yang bernama Tanjong Mangosta, pemimpinnya adalah Datuk Tubba, saudara laki-laki Orangkaya Sunggal.

Disini rombongan John Anderson memerlukan bantuan untuk menyeberangi sungai yang sangat dalam dan deras, disebutkan luas sungai 60 yard.

Beberapa laskar menaiki kuda dan berenang menyeberang; tapi kecepatan arus menyapu laskar hingga hanyut 100 yard menyusuri sungai sebelum mereka bisa mencapai seberang sungai. Tepian sungai telah ditinggikan, dan memiliki tangga. Aku  menyeberang dengan sampan yang terbuat dari

batang pohon kecil; hanya pas untuk dua orang sempit-sempitan.

Ini bagian yang membosankan. Bahkan ada yang sampai mengompol. Agaknya karena takutnya menyeberangi sungai arus deras itu.

Setelah itu kami menuju sebuah kampung kecil nan romantis, bernama Tanjong

Sabdi. Tanjong Sabdi dinaungi oleh pepohonan yang banyak & lebat. Bangsawan sebagai pimpinan disitu adalah Datuk Tindal. Beliau keluar & menemuiku.  Datuk Tindal  ini seorang tua berjanggut putih bersih nan panjang, agaknya usia Datuk lebih dari 100 tahun.

Aku disajikan daging rusa. Karena orang-orang dari Datuk tersebut, baru saja menyembelih rusa jantan pilihan. Aku pun memberikan buah tangan kepada Datuk, berupa kain.

Kampung ini tumbuh kelapa, pinang, nangka, dan lainnya.  Banyak unggas disini, tapi tidak berkeliaran, sangat rapi. Ia berada di dalam pagar kayu yang diikat erat di kolong rumah panggung. Agaknya karena ada pemangsa unggas yaitu musang.

Disini juga ada kebun jagung.  Ada pula pohon katimahar yang berlimpah, yang tumbuh di tepi sungai, dan daun yang menjadi sayuran yang baik. Kayunya digunakan untuk membuat

sarung pedang dan keris. Ada pula hasil minyak ekstrak asli. Sangat hebat komoditas niaga disini”.

Saat mendekati pusat Sunggal dalam jarak empat mil, di sana adalah rawa yang luas, tanah di sekelilingnya menjadi sangat tinggi. Kami lalu masuk di atas dataran terbuka yang indah sejauh dua atau tiga mil, yang membawa kami ke desa, tempat kami tiba petang hari.

Setelah ini,di halaman berikutnya,  John Anderson masih berkisah tentang Sunggal, semisal pertemuannya dengan Kemenakan Orang Kaya Sunggal, yang bernama Datuk Malela, yang memaksa Anderson & rombongan memakai busana Melayu, serta beberapa laporan perjalanan lagi.



Komentar