Jumat, 06 Maret 2015

MUHAMMAD TAKARI


Drs. Muhammad Takari, M.Hum, Ph.D adalah Putra Melayu dari Seluk Baji - Kota Pinang, lahir di Labuhan Batu, 21 Desember 1965. Ia adalah dosen tetap Fakultas Ilmu Budaya - Universitas Sumatera Utara.

Muhammad Takari pernah meneliti Musik Ahoi dalam Kebudayaan Masyarakat Melayu di Langkat, Struktur Musik Ahoi dalam Kebudayaan Etnik Melayu di Kota Binjai, Nasyid PTPN III Kebun Gunung Pamela: Kajian terhadap Aspek Organisasi, Struktur Musik, dan Lirik Lagu.

Selain itu ia pernah pula meneliti Syair Melayu Sumatera Utara: Analisis Struktural Melodis;  Analisis Bentuk dan Fungsi Komunikasi dalam Lagu dan Tari Melayu Sumatera Utara, Senam Kesehatan dalan Kebudayaan Melayu di Batang Kuis, Hadrah, Ronggeng Melayu Deli, serta hubungan Indonesia dan Malaysia.

Sebagai ilmuwan seni yang bekerja sebagai dosen tetap di Departemen Etnomusikologi, ia menguasai beberapa alat musik tradisi. Di luar akademis, Takari juga menjadi Ketua Departemen Adat, Seni, dan Budaya Pengurus Besar Majlis Adat Budaya Melayu Indonesia. 

Tidak ada komentar: